PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DI TK TANWIRUL-QULUB PEJARAKAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011

HUSNIYATI, HUSNIYATI (2010) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DI TK TANWIRUL-QULUB PEJARAKAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HUSNIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan bercerita. Faktor yang akan menjadi pusat penelitian adalah penggunaan media gambar seri acak melalui bimbingan kelompok. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode observasi dan wawancara. Kemampuan menyusun gambar seri acak dan bercerita, selanjutnya dinilai berdasarkan criteria yang telah ditentukan pada pedoman penelitian. Adapun hasil dari capaian kegiatan pengembangan akan menjadi bukti bahwa anak, dapat menyusun dan menceritakan apa isi dari gambar tersebut. Hal inilah yang menjadi factor untuk dapat mengembangkan kemampuan bercerita anak. Hasil penelitian : menunjukan pada pemilihan pertama dilakukan kemampuan bercerita anak masih sangat kurang dengan rata-rata nilai 20,7, pada penelitian ke dua dilakukan perbaikan pada kegiatan pembelajaran dan berulang-ulang sehingga hasil kemmampuan bercerita anak meningkatdengan nilai rata-rata 38 atau kemampuan bercerita sudah cukup pada penelitian ketiga peneliti mempertahankan peraikan kegiatan yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya dan berulangulang sehingga hasil yang dicapai meningkat optimal, dan kemaampuan bercerita anak dan nilai rata-rata 65 atau kemampuan bercerita sudah baik Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak kelompok A di TK Tanwirul Qulub Pejarakan Ampenan Tahun Pelajaran 2010-2011 dapat dikembangkan dengan pengguaan media gambar acak melalui layanan bimbingan kelompok. Bagi para orang tua dan guru diharapkan dapat selalu memberikan pengelaman belajar dan dapat dimulai dari kegiatan sederhana seperti penggunaan media gambar seri acak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media gambar, layanan bimbingan kelompok, bercerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:00
Last Modified: 17 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item