EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL MENCIWE DALAM MENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATFHAL (RA) DARUSSALAM KEKALIK GERISAK AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUSILAWATI, BAIQ RINI (2010) EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL MENCIWE DALAM MENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATFHAL (RA) DARUSSALAM KEKALIK GERISAK AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi gabung bq rini susilawati oke baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dimanfaatkan permainan tradisional khususnya permainan menciwe di RA Darussalam Gerisak Kekalik Ampenan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah pelaksanaan permainan tradisional menciwe dalam upaya meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun Di RA Darussalam Gerisak Kekalik Ampenan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas melalui permainan tradisional menciwe anak usia 5-6 tahun Di RA. Darussalam gerisak Kekalik Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pelaksanaannya terdiri dari dua tahap pengembangan dan setiap tahap terdiri atas dua kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan perkembangan mulai dari tahap pengembangan I dan tahap pengembangan II, proses ditunjukan dengan hampir semua indikator telah dilaksanakan oleh semua anak dengan baik. Faktor yang mempengaruhi kenaikan dari setiap aspek adalah: anak sudah dapat melakukan permainan menciwe dengan baik dan benar, anak yang tadinya masih malu-malu bertanya dan mengungkapkan pendapat, ide atau gagasannya sekarang menjadi berani dan tidak malu-malu lagi, selain itu anak menjadi berani melakukan hal-hal atau tantangan baru dari gurunya dan berani mengambil resiko serta bertanggung jawab atas tugas yang diberikan gurunya. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat pada anak dalam melakukan kegiatan dari tahap pengembangan I ke tahap pengembangan II yaitu dapat mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui permainan menciwe.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreativitas, Permainan Menciwe
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:00
Last Modified: 17 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item