EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HANI LABZ SCHOOL BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HIDAYATI, ENDANG (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HANI LABZ SCHOOL BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi endang gabung Acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Rentang usia dini merupakan saat yang tepat dalam mengembangkan potensi dan kecerdasan anak. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru maupun orang tua untuk mengembangkan potensi dan kecerdasan anak yakni dengan permainan sains. Melalui berbagai permainan sains anak mendapat kesempatan untuk saling berbagi atau bertukar bahan- bahan, alat- alat, ide- ide dan pengamatan- pengamatan dengan anak- anak yang lain dan melalui aktivitas sains anak akan menggunakan kemampuan kognitifnya dalam memecahkan masalah, matematika dan bahasa pada saat sedang mengamati, memprediksi, menyelidiki, menguji, menyatakan jumlah dan berkomunikasi, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran sains efektif mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak- kanak Hani Labz School Batulayar tahun pelajaran 2010/201. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang terdapat di kelompok A terdiri dari 3 laki- laki dan 7 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini, proses pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir/ penutup. Kekurangan pada pengembangan I yaitu guru kurang dalam mempersiapkan alat dan bahan untuk kegiatan percobaan melayang, kurang memberikan persepsi dan motivasi kepada anak, kurang menguasai kelas, tidak memberikan aturan yang jelas kepada anak, kurang memberikan waktu untuk anak menceritakan kegiatan percobaan yang telah dilakukan. Diperbaiki pada pengembangan II menjadi optimal sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan yaitu pada pengembangan I sebesar 66,29 menjadi 87,41% pada pengembangan II.Pembelajaran sains dikatakan efektif karena t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung 21,71 dan t tabel 2,262. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran sains efektif mengembangkan kognitif anak. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memperhatikan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Sains, Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:00
Last Modified: 17 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6060

Actions (login required)

View Item View Item