IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK RINTISAN SATU ATAP SDN 3 SAKRA TAHUN AJARAN 2010/2011

FATMAWATI, RINA (2010) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK RINTISAN SATU ATAP SDN 3 SAKRA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan bersosialisasi pada anak usia prasekolah terhadap lingkungan sosialnya. Anak yang bersifat introvert terhadap lingkungan sosialnya, dapat mengganggu hubungan sosial anak sehingga menghambat perkembangan sosial anak. Guru dan orang tua memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan sosial anak. Oleh sebab itu, guru dan orang tua perlu mengetahui karakteristik perkembangan sosial anak. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kecerdasan sosial anak usia 4-5 tahun di TK Rintisan Satu Atap SDN 3 Sakra Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Rintisan Satu Atap SDN 3 Sakra dengan jumlah siswa sebanyak 11 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, dengan objek penelitian yaitu pada perkembangan kecerdasan sosial anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis secara induktif terhadap data kualitatif dan teknik analisis statistik terhadap data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh data perkembangan kecerdasan sosial anak usia 4-5 tahun di TK Rintisan Satu Atap SDN 3 Sakra mencapai persentase sebesar 70,6%, dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dari hasil perhitungan persentase capaian perkembangan kecerdasan sosial masing-masing anak, diperoleh data 3 anak pada kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik), 6 anak pada kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan 2 anak pada kriteria MM (Mulai Muncul). Dari hasil wawancara peneliti dengan guru dan wali murid, anak menunjukkan perilaku sosial yang berbeda dirumah dengan perilaku sosial yang ditunjukkannya di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa anak usia 4-5 tahun di TK Rintisan Satu Atap SDN 3 Sakra sudah mampu mengembangkan kemampuan sosialnya dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya dengan cukup baik. Kecerdasan sosial mempengaruhi aspek-aspek perkembangan lainnya, dalam penelitian ini kecerdasan sosial anak mempengaruhi aspek bahasa dan kognitif anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kecerdasan Sosial, Anak Usia 4-5 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:19
Last Modified: 17 Jul 2018 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6071

Actions (login required)

View Item View Item