IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010-2011

IRMAWATI, ELMY (2010) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SkripsiQ.doc
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Hal terpenting dalam perkembangan anak usia dini yaitu perkembangan kognitif karena dapat menumbuhkan potensi-potensi anak termasuk memberikan respon kreatif terhadap hal-hal disekitar kehidupannya. Sehingga dalam penelitian ini akan dibahas tentang bagaimanakah capaian perkembangan kognitif yang muncul dan aspek-aspek apa saja yang paling dominan pada perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Gerung Tahun Ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui capaian dan aspek-aspek apa saja yang paling dominan pada perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Gerung Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian adalah penelitian survey, dengan subyek penelitian 33 anak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 181 dari 10 PAUD Se-Kecamatan Gerung. Teknik penngambilan sampel yang digunakan adalah proposional Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah 3 PAUD yang diambil secara random. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Identifikasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Kecamatan Gerung adalah rendah karena dari jumlah sampel yang dipergunakan sebanyak 14 anak memiliki perkembangan kognitif yang sedang (S), sedangkan perkembangan kognitif yang tinggi (T) adalah sebanyak 8 anak, dan anak yang memiliki perkembangan kognitif rendah (R) adalah sebanyak 8 anak. Sedangkan anak yang memiliki perkembangan kognitif tinggi sekali (TS) adalalah 2 anak dari 33 anak, dan yang terakhir adalah anak yang memiliki perkembangan kognitif yang rendah sekali (RS) hanya 1 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada lembaga PAUD dan guru agar terus dapat memberikan pendampingan optimal dengan menerapkan media pembelajaran, permainan yang berpariatif dan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih lanjut perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:21
Last Modified: 17 Jul 2018 04:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item