MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN FLASHCARDS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD RAUDHATUL JANNAH TAHUN 2010/2011

MULYATI, SRI (2010) MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN FLASHCARDS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD RAUDHATUL JANNAH TAHUN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi sri mulyati 2011.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan kognitif di sekolah-sekolah sangat penting untuk ditingkatkan terutama pada anak usia dini yang mennjadi pendidikan dasar bagi anak. Media merupakan alat pendukung disekolah untuk mengembangkan bakat anak, salah satu media yang digunakan untuk mengembangkan aspek kognitif yaitu media flashcards yang diharapkan untuk membantu memudahkan anak dalam mengenal huruf dan angka. Cara bermain flashcards dalam penelitian ini yaitu anak dikenalkan flashcard huruf dan flashcard angka secara acak, menyusun flashcards sesuai urutan dan mengelompokkannya sesuai bentuk masing-masing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan aspek kognitif melalui penggunaan permainan flashcards pada anak usia 3 – 4 tahun di PAUD Raudhatul Jannah Tahun 2010/2011. Subyek penelitian yaitu berjumlah 11 anak. Data yang akan dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif yaitu menjabarkan hasil analisis data tentang perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan sebanyak 2 tahap pengembangan yaitu pengembangan I meliputi: Perencanaan, penerapan, pengamatan, evaluasi dan pengembangan II meliputi: Perencanaan, penerapan, pengamatan, evaluasi. Adapun hasil penelitian pada tahap pengembangan I, kategori tertinggi yaitu kategori B yang mampu dicapai oleh 1 dengan perolehan nilai 73, kategori C mampu dicapai oleh 9 anak dengan perolehan nilai 38 – 62, kategori terendah yaitu kategori D yang mampu dicapai oleh 1 anak. Sedangkan hasil penelitian tahap pengembangan II, kategori tertinggi yang diperoleh yaitu kategori A yang mampu dicapai oleh 4 anak dengan perolehan nilai 85 – 92, kategori B mampu dicapai oleh 3 anak dengan perolehan nilai 70 – 78, kategori terendah yaitu kategori C yang mampu dicapai oleh 4 anak, itu menunjukkan bahwa beberapa anak yang sebelumnya mampu mengenal huruf A,B,C dan angka 1,2,3 mengalami peningkatan dalam memgenal semua huruf A,B,C,D,E dan angka 1,2,3,4,5 sedangkan beberapa anak lainnya hanya mampu mengenal huruf A,B,C,D dan angka 1,2,3,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa setelah menerapkan permainan flashcards pada tahap pengembangan II , ada beberapa anak yang mengalami peningkatan dalam kemampuan mengenal huruf dan angka. Dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan flashcards sangat efektif untuk mengembangkan aspek kognitif dalam kemampuan mengenal huruf dan angka pada anak usia 3 – 4 Tahun di PAUD Raudhatul Jannah Tahun 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kognitif, Flashcards.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:08
Last Modified: 17 Jul 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item