MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN SAINS ANAK USIA DINI (AUD) KELOMPOK B DI TK/RA PERWANIDA 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2010 / 2011

HIKMAH, HIKMAH (2010) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN SAINS ANAK USIA DINI (AUD) KELOMPOK B DI TK/RA PERWANIDA 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Penelitian di lapangan menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya menggunakan kegiatan permainan sains sebagai kegiatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK/RA Perwanida 1 Mataram. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui permainan sains anak usia dini (AUD) di TK/RA Perwanida 1 Mataram, dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak kelompok B melalui permainan sains anak usia dini di TK/RA Perwanida 1 Mataram. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang di laksanakan dalam tiga tahap pengembangan yang terdiri dari perencanaan, penerapan, observasi dan analisis kegiatan dan hasil pengembangan (evaluasi dan refleksi). Tehnik pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, dan observasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dengan baik , di lihat dari hasil pengembangan tahap I, II dan III yang meningkat secara signifikan, yakni pengembangan tahap I sebanyak 72%, tahap II sebanyak 87% dan tahap III 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan kognitif anak dapat berkembang melalui permainan sains yang merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK/RA Perwanida 1 Mataram. Kepala sekolah hendaknya memacu kreativitas guru serta memberikan latihan-latihan untuk mengembangkan model pembelajaran sains, untuk guru, dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain sambil belajar, dengan langkah sebagai berikut : (1). Menyiapkan (SKH), (2). Menyiapkan alat dan bahan belajar anak, (3). Melakukan pengecekan kehadiran anak, (4). Melakukan tanya jawab ,(5). Melakukan penyampain informasi serta demonstrasi, (6). Memberikan kesempatan melakukan percobaan (7). Melakukan tanya jawab serta penyimpulan (8). Melakukan evaluasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan kognitif, Permainan sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:08
Last Modified: 17 Jul 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6081

Actions (login required)

View Item View Item