MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HADIL ISHLAH BILEBANTE TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SYAHIDATURROKYAH, SYAHIDATURROKYAH (2010) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HADIL ISHLAH BILEBANTE TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan persepsi, imajinasi, penangkapan makna, penilaian dan penalaran, pengolahan informasi, memecahkan masalah untuk dapat mempelajari dan memikirkan lingkungan. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak adalah melalui permainan konstruktif mengggunakan permainan lego. Penelitian ini memfokuskan pada strategi penerapan bermain lego dalam rangka mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan, populasinya adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 30 siswa di TK Hadil Ishlah Bilebante Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel 50% dari populasi sebanyak 10 siswa ditentukan secara acak berdasarkan absensi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ; pada penelitian pertama peneliti kurang memberikan waktu, dan media pendukung main sehingga hasil tidak optimal dengan tingkat kemampuan kognitif anak mencapai 72%, pada penelitian kedua peneliti melakukan beberapa perbaikan dalam proses pembelajaran dengan memberikan intensitas waktu ± 60 menit dan menyediakan berbagai media pendukung main sehingga terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak menjadi 87% kecuali pada satu siswa yang dipengaruhi oleh keadaan fisik yang kurang sehat, pada penelitian ketiga peneliti mempertahankan perbaikan kegiatan yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya dan berulang-ulang sehingga hasil yang dicapai meningkat optimal dengan kemampuan kognitif anak mencapai 93%. Berdasarkan data tersebut kegiatan bermain menggunakan permainan lego dengan penerapan strategi yang tepat, mengarahkan anak untuk dapat meletakkan lego-lego menjadi sebuah karya sehingga dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru dalam menerapkan permainan lego hendaknya lebih memperhatikan intensitas dan media pendukung anak dalam bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain lego, kemampuan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:08
Last Modified: 17 Jul 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6084

Actions (login required)

View Item View Item