MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK/RA PERWANIDA 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ISNAINI, YULI (2010) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK/RA PERWANIDA 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab IV Skripsi - 14 oktober 11, print OK.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (87MB)

Abstract

Perkembangan fisik khususnya motorik halus pada anak diharapkan dapat berkembang sesuai dengan tahapan usia anak, untuk itu perlunya penerapan kegiatan yang tepat untuk mengembangkannya. Salah satunya dengan kegiatan finger painting. Motorik halus merupakan aktivitas motorik yang melibatkan gerak otot-otot kecil atau halus pada tangan, gerakan ini lebih menuntut koordinasi mata dan tangan serta kemampuan pengendalian yang baik. Finger painting berarti melukis dengan jari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan, yang diteliti adalah 10 anak usia 5-6 tahun pada kelompok B2 di TK/RA Perwanida 1 Mataram Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Dalam mendapatkan hasil penelitian peneliti menerapkan kegiatan pembelajaran melalui 3(tiga) tahap pengembangan. Dari hasil pengembangan yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa perkembangan kemampuan motorik halus pada tiap tahap pengembangan telah mengalami perkembangan secara klasikal dan individual, sampai diperoleh hasil perkembangan motorik halus yang optimal pada tahap pengembangn ke tiga. Berdasarkan data tersebut kegiatan finger painting yang dilakukan berulang-ulang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru TK untuk menerapkan kegiatan finger painting sebagai salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak, dan kepada peneliti lain untuk meneliti lebih lanjut agar dapat mengembangkan motorik halus pada penelitian selanjutnya. Perkembangan fisik khususnya motorik halus pada anak diharapkan dapat berkembang sesuai dengan tahapan usia anak, untuk itu perlunya penerapan kegiatan yang tepat untuk mengembangkannya. Salah satunya dengan kegiatan finger painting. Motorik halus merupakan aktivitas motorik yang melibatkan gerak otot-otot kecil atau halus pada tangan, gerakan ini lebih menuntut koordinasi mata dan tangan serta kemampuan pengendalian yang baik. Finger painting berarti melukis dengan jari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan, yang diteliti adalah 10 anak usia 5-6 tahun pada kelompok B2 di TK/RA Perwanida 1 Mataram Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Dalam mendapatkan hasil penelitian peneliti menerapkan kegiatan pembelajaran melalui 3(tiga) tahap pengembangan. Dari hasil pengembangan yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa perkembangan kemampuan motorik halus pada tiap tahap pengembangan telah mengalami perkembangan secara klasikal dan individual, sampai diperoleh hasil perkembangan motorik halus yang optimal pada tahap pengembangn ke tiga. Berdasarkan data tersebut kegiatan finger painting yang dilakukan berulang-ulang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru TK untuk menerapkan kegiatan finger painting sebagai salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak, dan kepada peneliti lain untuk meneliti lebih lanjut agar dapat mengembangkan motorik halus pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Finger painting, motorik halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:08
Last Modified: 17 Jul 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item View Item