MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD RINJANI DWP UNRAM TAHUN AJARAN 2010/2011

PUTRI, KOMANG ARINI (2011) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD RINJANI DWP UNRAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Usia dini merupakan usia emas (the golden age), karena rentangan usia dini merupakan rentangan usia kritis dan sekaligus strategis dalam proses pendidikan yang dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan ke tahap selanjutnya. Dalam observasi yang dilakukan di PAUD Rinjani DWP Unram, peneliti menemukan terdapat hambatan perkembangan sosial yang dialami beberapa anak. Berdasar permasalahan yang ada peneliti berupaya mencari cara yang tepat untuk mengingkatkan perkembangan sosial anak dengan menggunakan kegiatan bermain peran sebagai metode penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara yang tepat untuk untuk meningkatkan perkembangan sosial anak melalui kegiatan bermain peran anak usia 4-5 tahun di PAUD Rinjani DWP Unram tahun pelajaran 2010/2011. Untuk mencapai tujuan penelitian ini peneliti mengajak anak untuk bermain sambil belajar melalui bermain peran dengan menggunakan persyaratan bermain peran yang di sesuaikan dengan langkah-langkah bermain peran dengan pencapain yang berdasar pada indikator sosial yang ada dan alat peraga yang mendukung meningkatkan perkembangan sosial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang di laksanakan dalam 3 tahapan pengembangan, dimana setiap pengembangan terdiri dari tahap perencanaan, penerapan dan analisis kegiatan serta hasil pengembangan. Dalam penelitian pengembangan ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan dokumentasi, sedangkan penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dimana semua hasil penelitiannya ini di diskripsikan. Setelah melakukan penelitian, hasil analisis data pada tiap tahapan pengembangan mengalami peningkatan yaitu dari tahap I ,II dan III. Penelitian dalam 3 tahap pengembangan ini menghasilkan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak yang dilihat dari pencapaian indikator sosial pada masing-masing anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di simpulkan bahwa cara yang tepat untuk meningkatkan perkembangan sosial anak adalah penerapan kegiatan bermain peran pada penelitian pengembangan yang di sesuaikan dengan persayaratan dan langkah-langkah bermain peran yang mengacu pada pencapaian indikator di setiap tahap pengembangannya dan di sarankan agar sekolah mau memberikan fasilitas yang lebih lengkap untuk sentra peran agar guru dapat dapat meningkatkan mutu pengajaran sehingga anak dapat lebih mamapu mengembangkan imajinasinya khususnya dalam bermain peran sehingga aspek perkembangannya dapat meningkat terutama aspek sosial, sehingga kesenjangan sosial yang sering menjadi permasalahan di lingkungan anak dapat dimaksimalkan di PAUD Rinjani DWP Unram tahun ajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain peran, perkembangan sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:06
Last Modified: 17 Jul 2018 05:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item View Item