ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA MANTRA UPACARA PERKAWINAN HINDU HAMIL PRANIKAH (CARU MANCA SANAK) PADA MASYARAKAT DESA MANUK KECAMATAN SUSUT KABUPATEN BANGLI

WARDANI, SANG AYU KRISNA SUKMA (2016) ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA MANTRA UPACARA PERKAWINAN HINDU HAMIL PRANIKAH (CARU MANCA SANAK) PADA MASYARAKAT DESA MANUK KECAMATAN SUSUT KABUPATEN BANGLI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SANG AYU KRISNA SUKMA WARDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan tradisi di setiap daerah khususnya di setiap desa memiliki tradisi yang berbeda, salah satunya yang ada di Desa Manuk tradisi yang dimiliki di Desa Manuk adalah upacara perkawinan Hindu hamil pranikah (caru manca sanak) dan mantra yang digunakan dalam upacara caru manca sanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi mantra upacara caru manca sanak dan mendeskripsikan makna mantra upacara caru manca sanak yang ada di dalamnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upacara perkawinan Hindu hamil pranikah (caru manca sanak) terdapat 22 mantra yang digunakan dalam upacara caru manca sanak di Desa Manuk (1) fungsi mantra dalam upacara caru manca sanak memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk membersihkan dan mensakralkan desa karena dari tujuan upacara caru manca sanak ini untuk membersihkan kotoran yang ditimbulkan karena ada salah satu warga yang mengalami hamil diluar nikah dan untuk mensakralkan kembali desa akibat kejadian tersebut diadakanlah upacara ini. (2) Makna mantra yang disampaikan dalam upacara caru manca sanak ini setiap mantra memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan mantra yang diucapkan tetapi setiap mantra memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membersihkan dan mengharmoniskan antara alam dan warga Desa Manuk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): fungsi dan makna mantra, upacara caru manca sanak, dan Desa Manuk.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:45
Last Modified: 31 Aug 2017 04:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item