PENERAPAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AN-NAJAH AL-HALIMY SESELA GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2010/2011

RAHMANI, PIQI RIDO (2011) PENERAPAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AN-NAJAH AL-HALIMY SESELA GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan informasi yang di peroleh dari guru yang mengajar di RA An-Najah, mengatakan bahwa perkembangan sosial anak di RA An-Najah masih terbilang rendah dalam kemampuan bersosialisasi sehingga perlu di lakukan usaha untuk mengembangkan sosialisasi anak melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah dengan bermain peran, yang dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak yaitu dengan kegiatan bermain dokter-dokteran, Dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan bersosialisasi anak usia 4-5 tahun di RA An-Najah sesela gunung sari, Maka bagaimanakah penerapan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada anak usia 4-5 tahun di RA An-Najah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bermain peran dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak usia 4-5 tahun. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pelaksanaanya terdiri dari tiga tahap pengembangan dan setiap tahap pengembangan terdiri atas dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan analisis data secara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan narasi kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan bersosialisasi anak usia 4-5 tahun melalui penerapan bermain peran dir RA An-Najah tahun ajaran 2010/2011 mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses ditunjukkan dengan hampir semua indikator telah dilaksanakan oleh semua anak. Faktor yang mempengaruhi kenaikan dari setiap aspek adalah : terciptanya suasana kelas kondusif, sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata tiap aspek mengalami peningkatan : 1) persentase aktivitas bermain peran pada tahap pengembangan I sebesar 42,8 % pada tahap pengembangan II menjadi 71,5 % pada tahap pengembangan III; 85,8 % .2) persentase penilaian guru 2 tahap pengembangan I sebesar 42,8 % pada tahap pengembangan II menjadi 71,5 % pada tahap pengembangan III 85,8%, meningkat dengan penerapan bermain peran, maka dari itu bagi kepala sekolah dan guru-guru, hendaknya menggunakan metode bermain peran sebagai kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain Peran, Sosialisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:36
Last Modified: 18 Jul 2018 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item View Item