PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI PLAY GROUP ANAK SHOLEH PAGUTAN PERMAI TAHUN AJARAN 2010-2011

KARTININGSIH, ENI (2011) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI PLAY GROUP ANAK SHOLEH PAGUTAN PERMAI TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

ABSRTAK Pada dasarnya Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan menjadi Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak dan Taman Kanak-kanak. Kelompok Bermain merupakan layanan pendidikan bagi anak usia 2-4 tahun yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak, dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Jelas dalam diri setiap anak diperlukan pengalaman belajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa seperti anak mampu mengekspresikan keinginannya, aktif menjawab pertanyaan dan bercerita dengan menggunakan gambar. Peneliti menerapkan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Play Group Anak Sholeh Pagutan Permai Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana tahap penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I rata-rata anak mencapai 71%, tahap II mencapai rata-rata anak 90,7% dan tahap III mencapai rata-rata anak 94,4%. Sifat penelitian yaitu deskriptif dengan menggunakan metode Observasi dan tanya jawab. Pada kegiatan pembelajaran data diperoleh melalui metode observasi dan bercakap-cakap. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu instrumen kemampuan bahasa usia 3-4 tahun untuk mengambil data aktifitas anak. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media gambar mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak di Play Group anak Sholeh. Kegiatan-kegiatan pengembangan bahasa diharapkan dapat dilakukan sesuai dengan karakteristik anak. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus mampu menyampaikan pembelajaran yang menarik dengan berbagai media. ABSRTAK Pada dasarnya Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan menjadi Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak dan Taman Kanak-kanak. Kelompok Bermain merupakan layanan pendidikan bagi anak usia 2-4 tahun yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak, dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Jelas dalam diri setiap anak diperlukan pengalaman belajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa seperti anak mampu mengekspresikan keinginannya, aktif menjawab pertanyaan dan bercerita dengan menggunakan gambar. Peneliti menerapkan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Play Group Anak Sholeh Pagutan Permai Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana tahap penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I rata-rata anak mencapai 71%, tahap II mencapai rata-rata anak 90,7% dan tahap III mencapai rata-rata anak 94,4%. Sifat penelitian yaitu deskriptif dengan menggunakan metode Observasi dan tanya jawab. Pada kegiatan pembelajaran data diperoleh melalui metode observasi dan bercakap-cakap. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu instrumen kemampuan bahasa usia 3-4 tahun untuk mengambil data aktifitas anak. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media gambar mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak di Play Group anak Sholeh. Kegiatan-kegiatan pengembangan bahasa diharapkan dapat dilakukan sesuai dengan karakteristik anak. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus mampu menyampaikan pembelajaran yang menarik dengan berbagai media.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berbahasa, Media gambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:36
Last Modified: 18 Jul 2018 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item