PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS B TK DHARMA WANITA BUNGTIANG KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KURNIASARI, RATNA (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS B TK DHARMA WANITA BUNGTIANG KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skrispsi Ratna Kurniasari.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (246MB)

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tentang penerapan metode bermain kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas B TK Dharma Wanita Bungtiang Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2010/2011. Salah satu kemampuan yang penting harus dikuasai oleh anak adalah kemampuan membaca. Kemampuan membaca merupakan bekal utama bagi anak untuk dapat memahami mata pelajaran yang diberikan disekolah. Kemampuan ini dapat dimulai sejak usia prasekolah. Menurut Doman bahwa “semakin dini seorang anak membaca, semakin gemar ia membaca dan semakin baik ia membaca dan anak-anak yang tidak dapat membaca adalah masalah terbesar dalam dunia pendidikan kita”. Penelitian ini terdiri atas 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian terlihat kenaikan nilai yang cukup baik pada perolehan skor terendah, skor rata-rata, maupun pada ketuntasan klasikal. Pada skor terendah diperoleh nilai 25.0 pada siklus I, kemudian naik menjadi 61.7 pada siklus III. Pada skor rata-rata diperoleh nilai 40.6 pada siklus I, kemudian naik menjadi 80.8 pada siklus III. Begitupula pada ketuntasan klasikal dari 0% pada siklus I menjadi 100% pada siklus III. Ditunjukkan pula oleh hasil uji peningkatan hasil belajar (kemampuan membaca) dengan menggunakan rumus uji t terlihat hasil yang signifikan pada siklus III yang ditunjukkan dengan nilai thitung 43.5 yang lebih besar dari nilai ttabel 17.7 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas B TK Dharma Wanita Bungtiang Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2010/2011. Bagi guru TK hendaknya memiliki kreativitas membuat kartu kata bergambar untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa dan agar sebaiknya membiasakan siswa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia karena dapat membuat pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih lancar. Bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana dan media bergambar yang lebih banyak agar dapat menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Salah satu kemampuan yang penting harus dikuasai oleh anak adalah kemampuan membaca. Kemampuan membaca merupakan bekal utama bagi anak untuk dapat memahami mata pelajaran yang diberikan disekola
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:36
Last Modified: 18 Jul 2018 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item