PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DARUSSALAM KOPANG TAHUN AJARAN 2011/2012

DWINARI, NESYA (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DARUSSALAM KOPANG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Perkembangan adalah suatu proses dimana anak belajar menguasai tingkat yang lebih tinggi dari berbagai aspek. Salah satu aspek yang penting dalam perkembangan anak adalah perkembangan sosial emosional. Perkembangan sosial emosional merupakan suatu perkembangan anak untuk berinteraksi dengan orang lain dan suatu dorongan perasaan yang berasal dari dirinya. Salah satu cara untuk mengembangkan perkembangan sosial emosional anak yaitu melalui kegiatan bermain peran. Tujuan peneliti ini dilakukan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darussalam Kopang melalui penerapan pembelajaran bermain peran tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat kolaboratif, populasinya adalah seluruh anak kelompok B1 usia 5-6 tahun yang berjumlah 14 siswa di Tk Islam Darussalam Kopang Tahun Ajaran 2011/2012. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, proses pembelajaran terdiri dari pijakan lingkungan main peran, pijakan pengalaman sebelum main peran, pijakan pengalaman peran untuk setiap anak dan pijakan pengalaman setelah bermain. Hasil penelitian menunjukkan pada penelitian pertama yaitu peneliti kurang mengaitkan pengalaman anak dengan materi yang akan diajarkan sehingga waktu yang diberikan tidak dipergunakan sepenuhnya oleh anak dan peneliti kurang menyediakan alat atau bahan untuk bermain peran. Untuk penelitian kedua peneliti melakukan bermain perannya secara berulang-ulang dengan setting yang berbeda-beda dan peneliti melakukan beberapa perbaikan dalam proses pembelajaran yaitu dari perbaikan mengaitkan pengalaman anak dengan materi yang akan diajarkan, penyediakan alat atau bahan tambahan seperti obat-obatan, celemeq dan penambahan tempat setting bermain yaitu ruang tunggu untuk mendukung main anak sehingga pada tiap pengembangan terjadi peningkatan yaitu dapat dilihat dari hasil observasi awal sebelum pengembangan hasil yang di capai anak 60,71 sedangkan untuk penelitian pertama yaitu 66,40 dan untuk penelitian kedua hasil yang dicapai 84,37. Berdasarkan data tersebut kegiatan bermain peran dengan penerapan metode atau strategi yang tepat, mengarahkan anak untuk dapat bermain peran dengan baik sehingga dapat mengembangkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain peran, perkembangan sosial emosional, anak usia 5-6 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:36
Last Modified: 18 Jul 2018 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item