PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA KELAS B DI TK BAITURRAHMAN REMBIGA TAHUN AJARAN 2010-2011

HUDAERIAH, NIHPATUN (2011) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA KELAS B DI TK BAITURRAHMAN REMBIGA TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
02. SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Penerapan Metode Role Playing (bermain peran ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelas B di TK Baiturrahman Rembiga Tahun Ajaran 2010/2011”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara anak terutama dalam aspek pelafalan, kelancaran, intonasi dan ekpresi/ mimik muka anak kelas B di TK Baiturrhman Rembiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode role playing (bermainn peran) untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelas B di TK Baiturrahman Rembiga Tahun Ajaran 2010/2011. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode role playing (bermain peran ) dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Baiturrahman Rembiga Tahun Ajaran 2010/2011. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara, kreativitas berpikir dan bernalar anak, sedangkan mamfaat bagi guru adalah guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas dengan variasai bermain peran. Jenis Penelitian ini adalah deskriptip analitik kualitatif. Pelaksanaannya terdiri dari dua tahap penelitian dan setiap tahap terdiri atas dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan analisis data secara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk narasi dan tabel kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada pengembangan I persentase kemampuan berbicara siswa dalam bermain peran mencapai 80% . Sehingga dilakukan lagi tahap pengembangan ke II untuk mengetahui peningkatan selanjutnya. Pada tahap pengembangan II persentase aktivitas kemampuan berbicara anak mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan demikian metode role playing (bermain peran) bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Ini berarti metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas B di TK Baiturrahman Rembiga. Guru TK Baiturrahman Rembiga hendaknya dapat menggunakan atau menerapkan metode role paying (bermain peran) dengan berbagai variasi. Sehingga anak lebih mendapatkan kesempatan untuk berbicara, berkreativitas dan kepala sekolah hendaknya memacu kreativitas guru serta memberikan latihan-latihan untuk mengembangkan metode role playing (bermain peran) dan melengkapi fasilitas atau alat-alat pembelajaran sehingga para guru lebih mudah untuk melakukan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode role playing (bermain peran), kemampuan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:35
Last Modified: 18 Jul 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6112

Actions (login required)

View Item View Item