PENGEMBANGAN ASPEK MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD RAUDATUL JANNAH TAHUN AJARAN 2010/2011.

ANGGRAINI, SUCITA (2011) PENGEMBANGAN ASPEK MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD RAUDATUL JANNAH TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Taman kanak-kanak merupakan pendidikan pendidikan anak usia dini dijalur formal yang menyelenggarakan pendidikan anak usia 4-6 tahun. Usia tersebut merupakan masa usia mas (golden age), bagi anak dalam menerima berbagai upaya pengembangan seluruh potensi dirinya masa tersebut adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis serta merespons stimulasi yang diberikan oleh lingkungan untuk mendasari kemampuan fisik. Setiap anak memiliki kemampuan motorik halus, salah satu cara untuk mengembangkan motorik anak adalah melalui kegiatan dengan menggunakan media gambar. Motorik halus merupakan kemampuan anak untuk menggunakan jari-jemari tangan, gerakan pergelangan tangan yang tepat, membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan yang cermat. Media gambar adalah suatu media yang dapat digunakan untuk mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dengan dua tahap kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan media gambar khususnya pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, populasinya adalah semua anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 12 orang anak di PAUD Raudatul Jannah Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Sampel dari populasi sebanyak 8 orang anak yang ditentukan secara acak berdasarkan absensi anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian; Pada pengembangan tahap pertama ada beberapa anak yang belum mampu dalam melakukan kegiatan yaitu kegiatan mewarnai gambar, menggunting gambar, meniru gambar dan melipat kertas gambar sehingga perlu melakukan perbaikan atas kekurangan-kekurangan pada pengembangan tahap kedua, Pengembangan tahap kedua kemampuan anak semakin meningkat, hal ini dapat di lihat dari kemampuan anak dalam melakukan kegiatan atas kekurangan pada pengembangan tahap pertama sudah berkembang. Dari hasil menganalisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan kegiatan menggunakan media gambar dapat mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun mengggunakan otot-otot jari dengan koordinasi mata dan tangan dengan cermat. Melakukan kegiatan dengan menggunakan media gambar dapat mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media gambar, motorik halus, anak usia 4-5 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:35
Last Modified: 18 Jul 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item