PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN GUGUS III KECAMATAN AMPENAN TAHUN 2018

MEILIANA SN, EKA (2018) PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN GUGUS III KECAMATAN AMPENAN TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL FIX PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT.compressed.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode teams games tournament (TGT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Ampenan Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksprimental tipe Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Ampenan, yang berjumlah 167 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ada dua yaitu, Purposive Sampling untuk menentukan sekolah yang akan dijadikan sampel dan Random Sampling untuk menetukan kelas eksprimen dan kontrol, dengan sampel kelas V/b SDN 39 Ampenan dan kelas V SDN 29 Ampenan dengan jumlah 65 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan mengajar guru dan tes hasil belajar (pretest-postest). Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t polled varians beserta syaratnya, diperoleh hasil thitung >ttabel (6,316 > 1,998) pada taraf kepercayaan 95 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu adanya Pengaruh Metode TGT Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Di SDN Gugus III Kecamatan Ampenan Tahun 2018 dengan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penggunaan metode TGT berbantuan media audio visual dalam pembelajaran IPS dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, oleh karena itu disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan metode dan media ini dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Teams Games Tournament (TGT), Media Audio Visual, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:35
Last Modified: 18 Jul 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item