KLASIFIKASI EMOSI TOKOH RASUS DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DITINJAU DARI PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Aini, Siti Hurul (2016) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH RASUS DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DITINJAU DARI PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
Siti Hurul Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah klasifikasi emosi tokoh Rasus dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari ditinjau dari Psikoanalisis Sigmund Freud. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan klasifikasi emosi tokoh Rasus dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari berdasarkan teori Psikoanalisis Sigmund Freud. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, menggunakan teori Psikoanalisis Sigmund Freud yakni klasifikasi emosi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu terdapat 36 data yang mengandung klasifikasi emosi yang dialami tokoh Rasus dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, yakni berupa konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, rasa malu, kesedihan, kebencian dan cinta.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Klasifikasi Emosi, Tokoh, Novel dan Psikoanalisis Sigmund Freud.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:45
Last Modified: 31 Aug 2017 04:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item