PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SRIKANDI BENTEK TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Qur’anita, Wiwin (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SRIKANDI BENTEK TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIWIN QUR'ANITA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat, untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini salah satunya adalah melalui Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Belajar aktif adalah suatu sistem pembelajaran yang menekankan keaktifan peserta didik secara fisik, mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Masalah yang diteliti adalah bagaimana peranan media gambar dalam upaya mengembangkan keaktifan belajar anak di TK Srikandi Bentek, kecamatan gangga, Kabupaten Lombok Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan metode observasi. Penelitian ini dilakukan 2 kali pengembangan dengan menggunakan penerapan media gambar dalam proses pembelajarannya. Hasil yang diperoleh pada pengembangan I adalah 36% indikator yang muncul pada anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik, 24 % indikator yang muncul pada anak dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan, 20 % indikator yang muncul pada anak dengan kriteria Mulai Muncul, sedangkan indikator yang kriteria Belum Muncul terdapat 20% indikator, hal ini disebabkan karena kebanyakan anak masih takut dan ragu dalam mengeluarkan pendapat. Pada pertemuan ke Dua mengalami pengembangan yang baik dimana 40 % indikator yang muncul dengan kriteria berkembang sangat baik, 60 % dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Dan pada pengembangan II pertemuan pertama ada 68 % dengan kriteria Berkembang Sangat Baik, dan 32% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Perkembangan terus terjadi pula pada pertemuan ke dua dimana indikator yang muncul dengan kriteria Berkembang Sangat Baik mencapai 80% dan 20% indikator lainnya yang muncul dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran telah berhasil mengembangkan keaktifan belajar anak di TK Srikandi Bentek Tahun Pelajaran 2010-2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keaktifan Belajar Anak, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:34
Last Modified: 18 Jul 2018 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item View Item