PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TANWIRUL QULUB TAHUN PELAJARAN 2011/2012

HASANAH, ARYATI (2011) PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TANWIRUL QULUB TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARYATI E1F 007 004.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kemampuan bahasa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak adalah melalui bercerita. Perkembangan bahasa merupakan kemampuan anak berkomunikasi dengan menyimbolkan pikiran ekspresif dan reseptif. Metode bercerita adalah salah satu metode yang dapat diterapkan dalam kegiatan pemberajaran untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui bercerita di TK Tanwirul Qulun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui cerita bergambar. Adapun jenis penelitian ini adalah pengembangan populasinya adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 11orang anak di TK Tanwirul Qulub Ampenan tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap pengembangan pertama belum optimal, karena ada beberapa anak mengalami kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerita. Dan diperoleh hasil dari 8 item indikator baru 2 item yang sudah terlaksana dengan baik yaitu item pertama menjawab pertanyaan sederhana dan menyebutkan suara yang ada dalam cerita sebanyak 11 anak. Pada pengembangan kedua terjadi peningkatan dimana dari 8 item indikator sudah terlaksana dengan baik sebanyak 11 anak walaupun di indikator kedelapan ada 2 orang anak yang belum mampu menulis namanya sendiri dikarenakan anak tersebut belum bisa mengenal sebagian huruf abjad. berdasarkan hasil pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode bercerita dan kemampuan bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:34
Last Modified: 18 Jul 2018 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item