STRATEGI PENERAPAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN BALOK – BALOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN BERMAIN KREATIVA TAHUN AJARAN 2010/2011

SARI, DESY NOFITA (2011) STRATEGI PENERAPAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN BALOK – BALOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN BERMAIN KREATIVA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I - V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan persepsi, imajinasi, penangkapan makna, penilaian dan penalaran, pengolahan informasi, memecahkan masalah untuk dapat mempelajari dan memikirkan lingkungan. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak adalah melalui permainan konstruktif mengggunakan media balok-balok. Penelitian ini memfokuskan pada strategi penerapan bermain balok dalam rangka mengembangkan kemampuan konitif anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan, populasinya adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 siswa di Taman Bermain Kreativa Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel 50% dari populasi sebanyak 10 siswa ditentukan secara acak berdasarkan absensi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ; pada penelitian pertama peneliti kurang memberikan waktu, dan media pendukung main sehingga hasil tidak optimal dengan tingkat kemampuan kognitif anak mencapai 56,9%, pada penelitian kedua peneliti melakukan beberapa perbaikan dalam proses pembelajaran dengan memberikan intensitas waktu ± 60 menit dan menyediakan berbagai media pendukung main sehingga terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak menjadi 70,7% kecuali pada satu siswa yang dipengaruhi oleh keadaan fisik yang kurang sehat, pada penelitian ketiga peneliti mempertahankan perbaikan kegiatan yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya dan berulang-ulang sehingga hasil yang dicapai meningkat optimal dengan kemampuan kognitif anak mencapai 83,3%. Berdasarkan data tersebut kegiatan bermain menggunakan media balok dengan penerapan strategi yang tepat, mengarahkan anak untuk dapat meletakkan balok-balok menjadi sebuah karya sehingga dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru dalam menerapkan permainan balok hendaknya lebih memperhatikan intensitas dan media pendukung anak dalam bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media balok - balok, kemampuan kognitif, anak usia 4-5 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:34
Last Modified: 18 Jul 2018 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item