PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V SDN 03 LEMBUAK

ADRIANDRI, RONI (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V SDN 03 LEMBUAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 3 Lembuak melalui penggunaan model quantum learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 03 Lembuak yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 3 tahapan yaitu rencana, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa, catatan lapangan dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan catatan lapangan sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model quntum learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 03 Lembuak. Peningkatan keterampilan menulis siswa dapat terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih aktif dalam mencari informasi dan mengemukakan pendapat untuk bekal menulis karangan narasi. Siswa dapat membuat karangan narasi dengan baik. Siswa juga menjadi lebih berani membacakan hasil karangan di depan kelas, sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi karangan narasi terjadi peningkatan aktivitas guru siklus I 83,3 dengan kriteria baik menjadi 95,8 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siwa pada siklus I 75 cukup aktif menjadi 83,3 dengan kriteria aktif. Hasil belajar siswa dengan nilai rata – rata akhir pada siklus I 79,5 menjadi 84,6 pada siklus II dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 88,2 % menjadi 88,2%, pada siklus II, peningkatan ini di sebabkan aktifnya proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru dan siswa dengan menerapkan pembelajaran quantum leraning

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan menulis karangan narasi, quantum learning, kelas V SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:07
Last Modified: 04 Sep 2017 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item