PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN TEHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 38 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FITRIANI, MARLINA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN TEHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 38 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN 38 Ampenan tahun pelajaran 2016/ 2017 pada mata pelajaran Matematika materi bilangan Romawi masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa. Guru hanya memberikan penjelasan di papan tulis. Berdasarkan kecenderungan tersebut, Peneliti Mengadakan Inovasi Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 38 Ampenan. Penelitian ini bertujuan Memperbaiki dan Meningkatkan Performansi Guru, dan Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan design penelitian pretest postest control group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 38 Ampenan dengan sampel penelitian siswa kelas IV.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang yang diambil menggunakan teknik sampling purposive. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Analisis data dan uji hipotesis dengan rumus uji t untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil Posstest belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 79,50 dan kelas control yaitu 78,5. Analisis uji-t mengunakan mengunakan polled varians, pada taraf signifikan 5% analisis hasil belajar diperoleh thitung sebesar 0,3727 sedangkan nilai ttabel dengan dk(derajat kebebasan) n1 + n2 – 2 sebesar1,9648. Ini berarti nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (0,3727<1,9684). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Kartu Bilangan, Hasil Belajar, dan Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:07
Last Modified: 04 Sep 2017 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item