PENGGUNAAN MEDIA PUPPET UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA (5-6 TAHUN) DI TK MAWAR DHARMA WANITA GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2011 – 2012

POERWITA, AGNES (2012) PENGGUNAAN MEDIA PUPPET UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA (5-6 TAHUN) DI TK MAWAR DHARMA WANITA GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2011 – 2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Fix Skripsi I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kemampuan berbahasa. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak adalah melalui metode bercerita dengan menggunakan media puppet. Kemampuan berbahasa merupakan pencapaian tahap-tahap perkembangan berbahasa yang terdiri dari kemampuan dapat menjawab pertanyaan siapa, apa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana, dengan kalimat yang lengkap, menyebutkan 10 nama – nama benda, menceritakan isi cerita yang sudah diceritakan, berbicara dengan menggunakan kata yang kompleks. Metode bercerita dengan media puppet adalah penyampaian pesan secara lisan kepada anak didik di TK dengan menggunakan media puppet untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriftif. Penelitian ini dilakukan di TK Mawar Dharma Wanita Gunung Sari dalam tiga tahap pengembangan yaitu pengembangan I, II, dan III. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui media puppet meningkat yaitu pada tahap pengembangan I nilai rata-rata anak baru mencapai 63%. Pada tahp pengembangan II menunjukan adanya peningkatan dimana nilai rata-rata anak menjadi 74%. Dan pada pengembangan III nilai rata-rata perkembangan kemampuan berbahasa anak semakin meningkat menjadi 82%. Berdasarkan data tersebut penggunakan media puppet dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Hal tersebut disarankan kepada guru atau peneliti berikutnya untuk melanjutkan penerapan media puppet secara intensif pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode bercerita, media puppet, kemampuan barbahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:34
Last Modified: 20 Jul 2018 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6171

Actions (login required)

View Item View Item