IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU PAUD SE-KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

APRIANI, BAIQ RENI (2013) IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU PAUD SE-KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RENI skrp EDit.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru PAUD Se-kecamatan Batukliang Lombok Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Metode pembelajaran berhubungan dengan berbagai macam metode pembelajaran dan cara penerapannya. Metode pembelajaran memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah metode pembelajaran apa saja yang diterapkan guru PAUD Se-kecamatan Batukliang, metode pembelajaran mana yang dominan diterapkan guru PAUD Se-kecamatan Batukliang, metode pembelajaran mana yang efektif diterapkan guru PAUD Se-kecamatan Batukliang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang diterapkan guru PAUD pada anak usia 5-6 Tahun di Kecamatan Batukliang, untuk mengetahui metode pembelajaran yang dominan diterapkan guru PAUD di Kecamatan Batukliang, untuk mengetahui metode yang efektif diterapkan guru di Kecamatan Batukliang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Populasinya adalah seluruh Guru PAUD usia 5-6 tahun yang berada di Kecamatan Batukliang yang berjumlah 112 orang guru dengan sampel 10% berdasarkan undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian metode yang diterapkan guru PAUD pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Batukliang yaitu metode bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, pemberian tugas, bermain, demonstrasi, eksperimen, dan bernyanyi. Metode yang dominan diterapkan yaitu: metode bercakap-cakap. Sedangkan metode yang efektif diterapkan yaitu: metode bermain. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan guru PAUD pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Batukliang akan optimal apabila guru dapat mengembangkan metode pembelajaran dan dapat memadukan metode yang satu dengan metode yang lain, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Identifikasi, metode pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:34
Last Modified: 20 Jul 2018 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6179

Actions (login required)

View Item View Item