PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Darhiyatin, Marpinjun (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MARPINJUN DARHIYATIN.rar
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 27 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling tipe sampling jenuh. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Ampenan, dimana kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SDN 27 Ampenan dengan menerapkan metode pembelajaran Inside Outside Circle adalah 70,69. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil belajar Matematika siswa kelas IV B dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional adalah 51. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran Inside Outside Circle dengan hasil belajar Matematika siswa yang yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Data hasil belajar Matematika dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung>ttabel (3,41>1,99) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi ada pengaruh metode pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 27 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inside Outside Circle, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:29
Last Modified: 04 Sep 2017 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item