EFISIENSI PEMASARAN DAGING SAPI (STUDI KASUS PADA PEMOTONGAN DI KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU)

RAMADHAN, ALFIANDI (2018) EFISIENSI PEMASARAN DAGING SAPI (STUDI KASUS PADA PEMOTONGAN DI KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL (ALFIANDI RAMADHAN).pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui bentuk saluran pemasaran ging sapi, (2) mengetahui fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan pada tiap-tiap mbaga pemasaran, (3) mengetahui struktur pasar yang terbentuk dari lembaga masaran, (4) mengetahui efisiensi pemasaran daging sapi di Kecamatan Manggelewa abupaten Dompu. ariabel yang diamati terdiri dari variabel pokok dan variabel penunjang: variabel kok meliputi. Lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, struktur sar, marjin pemasaran, farmer’s share sedangkan variabel penunjang meliputi rakteristik responden dan gambaran umum wilayah penelitian. ata yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan efisiensi pemasaran perti: marjin pemasaran, persentase marjin, farmer’s share. asil penelitian menyimpulkan: (1) Saluran Pemasaran daging sapi terdiri dari 2 acam bentuk saluran yaitu: (a) saluran pemasaran bentuk I (produsen konsumen), n (b) saluran pemasaran bentuk II (produsen pedagang eceran pasar konsumen), ) Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan pada tiap-tiap lembaga pemasaran yaitu: ) produsen (pejagal), meliputi pembelian, penjualan, pengangkutan, pembiayaan, andarisasi dan grading, penelitian pasar, dan pemasaran; dan (b) pedagang eceran sar meliputi pembelian, penjualan, pengangkutan, penyimpanan, pembiayaan, andarisasi dan grading, penelitian pasar, dan pemasaran, (3) Struktur pasar yang rbentuk baik dari sisi produsen (pejagal) maupun dari sisi pedagang eceran adalah sar persaingan oligopoli, (4) Marjin pemasaran produsen (pejagal) sebanyak 13,16% n pedagang eceran pasar sebanyak 8,16%. Jadi, marjin pemasaran pedagang eceran sar dinilai paling efisien dibandingkan marjin pemasaran lembaga lainnya, ) Persentase bagian yang diterima peternak (farmer’s Share) pada saluran pemasaran dan saluran pemasaran II masing-masing 86,83% dan 79,74% dari harga jual pada nsumen akhir. Hal ini berarti, setiap saluran pemasaran yang ada sudah efisien, rena nilai persentase famer’s share dari setiap saluran pemasaran tersebut lebih besar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efisiensi pemasaran, Daging sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:33
Last Modified: 20 Jul 2018 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item