Ni Wayan Desni Ayu Ardianthi, Ni Wayan Desni Ayu Ardianthi (2018) PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 20 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL-NI WAYAN DESNI AYU ARDIANTHI-E1E014041_reduce.pdf Download (897kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya antusiasme serta keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika kelas V di SDN 20 Cakranegara yang berdampak pada prestasi belajar Matematikanya. Salah satu upaya untuk membangkitkan antusiasme serta keaktifan siswa dapat dilakukan dengan menerapkan reward and punishmnet. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh reward and punishment terhadap prestasi belajar Matematika kelas V SDN 20 Cakranegara tahun ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan dengan metode tes dan non tes untuk mengukur keaktifan guru dalam menerapkan reward and punishment dan prestasi belajar Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Time Series Design dengan pemberian pretest sebanyak 3 kali, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, dan pemberian postest sebanyak 3 kali. Dari hasil analisis data keaktifan guru dalam menerapkan reward and punsihment diperoleh persentase keaktifan sebesar 83, 3 % dengan kategori aktifitas tergolong baik. Kemudian hasil analisis data postest diperoleh nilai t-hitung 10,702 > t-tabel 0,67998, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan reward and punishment terhadap prestasi belajar Matematika siswa di kelas V SDN 20 Cakranegara secara optimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : Reward, punishment dan Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 02:32 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 02:32 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6207 |
Actions (login required)
View Item |