IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI PAUD SE-KECAMATAN BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2012/2013

HARJANTY, ROKYAL (2013) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI PAUD SE-KECAMATAN BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - sukini baru.doc
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian survei ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan APE pada lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Batukliang. Dimana pembahasan tentang APE yang ada, dominan dan jarang juga APE yang efektif digunakan di PAUD Se-Kecamatan Batukliang tahun ajaran 2012/2013. a. APE yang ada dan kelayakan Kelayakan APE yang tersedia pada setiap lembaga PAUD yang ada di kecamatan Batukliang untuk APE outdoor mulai dari kategori fisik motorik dengan jenis ayunan, jungkat-jungkit, prosotan, tangga majmuk, kursi putar, tangga pelangi, dan mandi bola dikatakan layak terkait dengan syarat-syarat pembuatan APE yaitu dari segi edukatif untuk setiap jenis APE pada setiap lembaga, akan tetapi kategori APE fisik motorik tidak memenuhi syarat estetika dan teknis yang terkait dengan warna yaitu warna cat yang sudah mengelupas, berkarat dan bahkan berlubang sehingga menjadikan APE tidak aman untuk anak. Setiap pengadaan APE outdoor ditujukan untuk mengembangkan aspek perkembangan fisik motorik anak. Untuk APE bahan alam dengan jenis bak air dan bak pasir dikatakan tidak layak karena hanya ada beberapa lembaga saja yang menyediakan APE bahan alam tersebut, walupun ada itu saja tidak layak pakai seperti bak pasir yang tidak terawat, APE untuk bahan alam dikatakan tidak layak karena tidak sesuai terkait dengan semua syarat-syarat APE. Kesesuaian APE yang terkait dengan jumlah APE dengan jumlah anak dikatakan sesuai karena untuk APE outdoor digunakan secara bergantian. APE indoor kategori keaksaraan untuk kartu huruf, Kartu angka, Buku cerita, Pensil dan buku, Kartu suku kata, Kartu do’a sehari-hari, dan Iqro’ dikatakan latak terkait dengan syarat-syarat APE baik dari segi edukatif, tehnik dan estetika. Kesesuaian jumlah APE dengan jumlah anak dikatakan tidak sesuai karena setiap APE yang ada tidak bisa memenuhi/mencukupi untuk digunakan semua anak ketika pembelajaran, kecuali untuk pensil dan buku diakatakan sesuai karena setiap anak sudah mempunyai pensil dan buku. Ditujukan untuk mengembangkan pengembangan kognitif, bahasa nilai moral dan agama anak. Kategori pembangunan dengan jenis Puzzle, Papan pasak, Balok, Timbangan geometri, Rumah pintar, Sempoa, Pohon abjad, Kubus angka, Lego diaktakan layak terkait dengan syarat edukatif, tehnik dan estetika APE. Jumlah APE dengan jumlah anak dikatakan sesuai untuk jenis puzzle, balok dan lego, akan tetapi tidak sesuai jumlah anak dengan APE untuk jenis APE Papan pasak, Timbangan geometri, Rumah pintar, Sempoa, Pohon abjad, Kubus angka. Ditujukan untuk mengmbangkan kognitif dan motorik anak Kategori seni dengan jenis Kotak marjan, alat menjahit, papan jiplak, gunting alat menganyam yang ada di lembaga PAUD Sekecamatan Batukliang dikakatkan sesuai dengan syarat eduaktif, tehnik dan estetika APE akan tetapi tidak sesuai jumlah APE dan jumlah anak untuk setiap APE yang tersedia. Ditujukan untuk kognitif dan motorik halus anak. APE kategori main peran yang dibagi dalam main peran makro dan mikro yang layak yaitu APE dengan jenis Alat memasak, Alat dokter, Alat nelayan, Alat petani, Alat pasar-pasaran, Alat Salon, alat tukang, Tempat tidur, Meja rias, Boneka, Bantal guling, Rambu lalu lintas, Boneka jari, Boneka tangan, Panggung boneka dan miniatur binatang dikatakan layak terkait dengan syarat-syarat APE yaitu segi edukatif, tehnik, dan estetika. Ditujukan untuk pengembangan bahasa dan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): APE kategori main peran yang dibagi dalam main peran makro dan mikro yang layak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:32
Last Modified: 20 Jul 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item