UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) PADA SISWA KELAS IV SDN 31 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Jannah, Miftahul (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) PADA SISWA KELAS IV SDN 31 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh siswa belum mencapai KKM yaitu ≥ 75. Selain itu, metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah yang mengakibatkan siswa kurang memiliki motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 31 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017, yaitu dengan menerapkan metode Practice Rehearsal Pairs (PRP). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari siswa dan guru kelas IV SDN 31 Mataram, yaitu melalui observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal 72,73% dengan nilai rata-rata 70,90 pada siklus I, sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 86,36% dengan nilai rata-rata sebesar 79,78. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini sudah menunjukkan pencapaian hasil yang diharapkan yakni KKM ≥ 75 dan ketuntasan klasikal ≥ 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Practice Rehearsal Pairs (PRP) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 31 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Practice Rehearsal Pairs (PRP), Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2017 06:44
Last Modified: 04 Sep 2017 06:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item