PENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR SISWA KELAS I SDN 28 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AZAKI, ROBI’ATUL (2017) PENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR SISWA KELAS I SDN 28 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca orang Indonesia secara umumnya dan siswa secara khususnya. Hal ini, dikarenakan kurangnya pengenalan dan motivasi sejak dini yang diterima anak dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat membaca melalui media kartu kata bergambar siswa kelas I SDN 28 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan pengamatan secara langsung menggunakan lembar observasi, yang digunakan untuk mengetahui tingkat minat baca siswa dan penerapan media kartu kata bergambar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat baca siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 30 , dengan kategori sedang dan pada siklus II mengingkat menjadi 42,5 dengan kategori tinggi. Adapun untuk penerapan media kartu kata bergambar pada siklus I memperoleh skor rata-rata 30 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II yakni 41 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas I SDN 28 Ampenan tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Minat baca, Media kartu kata bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2017 06:44
Last Modified: 04 Sep 2017 06:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item