MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD KREATIVA GEBANG BARU MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Dudu, Khristanti (2013) MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD KREATIVA GEBANG BARU MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - BAB V - Dftr Pustaka.doc
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pada PAUD Kreativa anak terlihat susah membedakan bentuk, ukuran, jumlah, warna, arah dan tata letak, keseimbangan, mengatur dan merancang, tidak mampu bercerita pada orang lain serta kurang diterapkannya alat permainan yang sesuai untuk merangsang kecerdasan visual spasial anak, maka dapat dikemukakan rumusan masalah : bagaimana meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan bermain balok pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Kreativa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan bermain balok pada anak di PAUD Kreativa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan bersifat kolaboratif dengan metode sampel yaitu mengambil subjek penelitian anak yang berusia 4-5 tahun pada kelompok A di PAUD Kreativa yang berjumlah 7 orang dalam meningkatkan kecerdasan visual spasialnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini, proses kegiatan terdiri dari tahap pra pengembangan sampai tahap pengembangan III dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia 4-5 tahun dan didapatkan hasil yaitu pada tahap pra pengembangan 28,2%, tahap I 58,9%, tahap II 87,5%, dan pada tahap III 91,8% , sedangkan pada hasil pengembangan yang dilakukan guru pada tahap pra pengembangan 41,6%, tahap I 68,7%, tahap II 87,5%, dan tahap III 95,8%. Dari kesimpulan tahap pra pengembangan sampai tahap III di simpulkan melalui kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak pada usia 4-5 tahun apa bila dilakukan secara berulang-ulang dan disarankan untuk menambah fasilitas dan media pembelajaran serta motivasi dan masukan agar kecerdasan visual spasial anak lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kecerdasan visual spasial, bermain balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:30
Last Modified: 20 Jul 2018 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item View Item