MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL JANNAH NW AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ARLIANA, ANDI (2013) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL JANNAH NW AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang bersifat kolaboratif, subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berada dikelompok B yang berjumlah 10 orang Di TK Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Ajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahapan pengembangan, setiap tahap pengembangan terdiri dari empat pijakan lingkungan main, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main dan pijakan setelah main. Kekurangan pada penelitian I, II dan III yaitu tali yang di gunakan terlalu pendek, peneliti tidak menggunakan media atau alat peraga yang sesuai dengan perkembangan anak ketika menghubungkan pengalaman anak dengan tema atau materi yang akan diajarkan, dan waktu yang digunakan kurang maksimal. Hasil pembelajaran tahap I sebesar 50%, tahap II sebesar 69,23%, dan tahap III sebesar 92,3%. Dalam perkembangan motorik halus anak juga mengalami peningkatan tahap demi tahap, tahap I sebesar 44,5%, pada tahap II sebesar 57,5%, dan pada tahap III sebesar 79,5%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa bermain melalui kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Guru diharapkan memperhatikan proses pembelajaran dan media yang digunakan dalam kegiatan meronce.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode observasi dan dokumentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:29
Last Modified: 20 Jul 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item