PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/20017

ZURRIATI, ZURRIATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/20017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZURRIATI NIM. E1E212265.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 48 Cakranegara, hal ini di sebabkan lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 48 Cakranegara dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble, model pembelajaran ini membiasakan siswa untuk belajar menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dan tes hasil belajar siswa. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 48 Cakranegara yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siklus I yaitu 79% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 91%. Demikian pula dengan skor aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu 59 dengan kategori cukup aktif, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72 dengan kategori aktif. Begitu pula dengan skor aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 20 dengan katergori baik, kemudian pada siklus II memperoleh skor 24 dengan kategori baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 48 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran kooperatif tipe Scramble.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2017 06:44
Last Modified: 04 Sep 2017 06:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item