ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 9 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MURZANI, MURZANI (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 9 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI MURZANI (E1E014039).pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dan langkah-langkah perbaikan yang digunakan guru kelas IV SDN 9 Masbagik Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan prosedur pelaksanaan diagnosis kesulitan belajar. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas IV yang mengalami kesulitan belajar matematika dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Interactive Analysis Metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan belajar pada pokok bahasan keliling dan luas bangun datar, pengukuran sudut dan akar pangkat dua. Jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam perhitungan, kesulitan memahami simbol dan kesulitan dalam memahami bahasa. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya kondisi tubuh dan mental, kecerdasan rendah, sikap kurang memperhatikan, kebiasaan saat belajar, minat belajar rendah, motivasi belajar rendah dan faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, hubungan siswa dengan orang tua, suasana rumah kurang kondusif, kondisi lingkungan tempat tinggal, kegiatan dalam masyarakat, pengaruh media massa, metode pembelajaran monoton, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, penggunaan media pembelajaran jarang dan kurang maksimal. Langkah- langkah perbaikan yang digunakan guru kelas adalah memberikan bimbingan belajar khusus, mengadakan les dan melakukan kegiatan remedial. Untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yang berasal dari dalam diri siswa disarankan untuk menciptakan conditional (reinforcement, rewards, encouragement) dan memberikan drill, sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri siswa dilakukan dengan melengkapi sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, melakukan remedial teaching dan menggunakan metode yang bervariatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan, Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:26
Last Modified: 20 Jul 2018 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

View Item View Item