MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TAMAN BANGSA GUNUNGSARI TAHUN 2013

Alawiyah, Tuti (2013) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TAMAN BANGSA GUNUNGSARI TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
D. BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Pengembangan sosial emosional di PAUD Taman Bangsa Gunungsari melalui permainan modern ataupun tradisional masih kurang diterapkan sehingga peningkatan perkembangan sosial emosional anak kurang berkembang dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan tradisional bakiak yang tepat untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan tradional bakiak yang tepat untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi dengan analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi aktivitas bermain permainan tradisional bakiak pada tahap pengembangan I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada pengembangan II dengan persentase 77,9% kemudian mengalami peningkatan pada tahap pengembangan III dengan persentase 91,1%. Sedangkan optimalisasi perkembangan sosial emosional anak pada tahap pengembangan I yaitu dengan rata-rata 56,75%,dan mengalami peningkatan pada tahap pengembangan II dengan rata-rata persentase 68,16%, kemudian mengalami peningkatan yang optimal pada tahap pengembangan III dengan rata-rata persentase sebesar 84,32%. Jadi penerapan permainan tradisional yang tepat dan berulang-ulang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Taman Bangsa Gunungsari. Sehingga disarankan kepada anak agar terus mencoba permainan-permainan lainnya agar mampu mengembangkan aspek perkembangan anak, sedangkan untuk guru diharapkan mampu menerapkan permainan bakiak ini dengan lebih baik dan kepada sekolah diharapkan mampu memfasilitasi perkembangan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosial-emosional; Permainan bakiak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:25
Last Modified: 20 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6302

Actions (login required)

View Item View Item