PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TITIPAN ILAHI PENENDAM LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PURWANTI, NIS (2013) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TITIPAN ILAHI PENENDAM LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NIS PURWANTI SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perkembangan sosial emosional anak di PAUD Titipan Ilahi. Pembelajaran pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui metode bermain peran. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui penerapan metode bermain peran usia 4-5 tahun di PAUD Titipan Ilahi. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui penerapan metode bermain peran di PAUD Titipan Ilahi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka anak-anak diberikan kesempatan untuk bermain sambil belajar melalui metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, setiap pengembangan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan hasil pengembangan, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi dengan target hasil capaian yaitu 80%. Dari hasil observasi awal diperoleh bahwa perkembangan sosial emosional anak masih rendah sehingga dilakukan penerapan metode bermain peran melalui penentuan tujuan yang ingin dicapai, memilih tema, menyusun skenario, pemeranan, dan evaluasi sehingga pada pengembangan I anak sudah menunjukkan peningkatan kemampuan soaial emosional yaitu 64%. Pengembangan tahap II seluruh anak sudah mencapai target capaian hasil perkembangan sesuai tujuan yang ingin dicapai yaitu 85%. Sementara pada proses penerapan yang dilakukan guru menunjukkan peningkatan dari 68% pada pengembangan I meningkat menjadi 90% pada pengembangan II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Titipan Ilahi tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah supaya selalu memberikan motivasi dan memfasilitasi guru dan anak dalam upaya mengembangkan sosial emosional anak melalui metode bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan sosial-emosional, Metode bermain peran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:25
Last Modified: 20 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6306

Actions (login required)

View Item View Item