PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TEBAK CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TANWIRUL QULUB PEJARAKAN-AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RAHMI, DESI (2013) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TEBAK CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TANWIRUL QULUB PEJARAKAN-AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II, III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Faktor penghambat pengembangan keterampilan berbicara adalah keterbatasan penguasaan kosakata, dan pelafalan yang belum jelas pada anak. Melalui metode tebak cerita bergambar dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat berkomunikasi secara lisan dan mengungkapkan ide serta gagasan secara sederhana. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang bersifat kolaboratif. Dengan subyek penelitian 14 anak. Tujuan penelitian untuk mengembangkan keterampilan berbicara melalui metode tebak cerita bergambar pada anak usia 4-5 tahun Di PAUD Tanwirul Qulub Pejarakan-Ampenan Tahun Ajaran 2012/2013. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan berbicara anak pada pengembangan I adalah 56,8% terdapat 3 anak yang masih malu-malu untuk mengeluarkan suaranya untuk menceritakan gambar, pada aspek penguasaan kosakata dapat menyebutkan beberapa kata yang dikenal namun membutuhkan bantuan melalui pertanyaan agar ia mau bersuara. Pada aspek pelafalan masih banyak anak yang belum jelas pelafalan antara huruf R dan L, sedangkan pada pengembangan II keterampilan berbicara anak mencapai 85,3%. Rata-rata peningkatan skor yang terjadi pada penelitian pengembangan I ke pengembangan II sebesar 28,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun dapat berkembang melalui metode tebak cerita bergambar yang dilakukan secara berulang pada PAUD Tanwirul Qulub Pejarakan-Ampenan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan berbicara, metode tebak cerita bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:25
Last Modified: 20 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item