AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: A CASE STUDY OF THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMPN 2 SELONG IN THE ACADAEMIC YEAR 2017-2018.

Himmaturrijal Ismail, Afza (2018) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: A CASE STUDY OF THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMPN 2 SELONG IN THE ACADAEMIC YEAR 2017-2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisa kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi: studi kasus kepada siswa kelas VIII SMPN 2 Selong tahun ajaran 2017-2018”. Partsipan dalam penelitian ini dilakukan di kelas VIII-1 yang berjumlah sebanyak 33 siswa. Penelitian ini meneliti hasil tulisan teks deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas VIII-1 SMPN 2 Selong. Adapun pelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif untuk merancang data. Peneliti menganalisa hasil tulisan deskripsi siswa dengan merajuk ke lima aspek dalam menulis, antara lain organization idea, developing idea, grammar, vocabulary, mechanics. Penelitian ini tidak hanya di peruntukkan mengukur kemampuan siswa, adapun penelitian ini bertujuan untuk menemukan kelebihan dan kelemahan siswa yang akan dikelompokkan menjadi 5 tingkatan, diantara lain; sangat baik, baik, cukup baik, kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penjumlahan nilai seluruh siswa yaitu 1797 dimana nilai rata-ratanya 54, nilai mode 31, dan nilai median 50. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara garis besar, kemampuan menulis siswa kelas VIII-1 tergolong pada tingkat cukup baik. Dalam hal ini, hanya ada 1 atau 3% siswa dalam tergolong pada tingkat sangat baik, 7 or 21% siswa tergolong pada tingkat baik, 8 atau 24% tergolong pada tingkat cukup baik, 13 atau 39% siswa tergolong pada tingkat kurang dan 4 atau 12% tergolong pada tingkat sangat kurang. Selanjutnya, kelebihan siswa dalam menulis dapat ditentukan dengan hasil penjumlahan nilai seluruh siswa di masing-masing aspek. Hasil tertinggi jatuh pada aspek organization idea dimana hasil penjumlahannya sebesar 2076 dengan skor rata-rata 63, nilai mode 100, nilai median 60 dan standar deviasi 26,17. Data tersebut menyimpulkan bahwa tingkat menulis siswa pada aspek ini tergolong pada tingkat cukup baik. Disamping itu, kelemahan siswa dalam menulis yaitu terdapat pada grammar aspek yang mana hasil penjumlahan keseluruhan nilai siswa 1200 dengan jumlah rata-rata 36, mode 15, median 25 dan standar deviasi 22,36. Aspek tersebut tergolong pada tingkat kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan menulis, teks deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:24
Last Modified: 20 Jul 2018 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item View Item