IDENTIFIKASI METODE PENGAJARAN YANG MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN SE- KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2013 / 2014

HAJAR, SITI (2014) IDENTIFIKASI METODE PENGAJARAN YANG MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN SE- KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2013 / 2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Metode pengajaran yang baik harus dapat memberikan kesempatan pada anak didik untuk bereksplorasi, mengungkapkan rasa ingin tahunya, dan menuangkan ide-ide kreatifnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode pengajaran apa saja yang diterapkan oleh guru dan dapat mengembangkan bahasaa di TK / PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014, metode pengajaran apa saja yang dominan digunakan dalam mengembangkan bahasa di TK / PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014, dan metode apa saja yang paling efektif mengembangkan bahasa di TK / PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitan survey, wilayah dan lingkup penelitian dilakukan di kecamatan Sekarbela. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di PAUD / TK se-kecamatan Sekarbela yang mengajar di usia 4-5 tahun yang berjumlah 50 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 30,40% dari guru yang berada di lembaga pendidikan se-kecamatan Sekarbela yang berjumlah 17 orang guru. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik random sampling atau diambil secara acak dengan menggunakan undian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi atau pengamatan dan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran yang diterapkan guru di PAUD / TK adalah metode tanya jawab, metode bermain, metode demonstrasi, metode bercakap-cakap, metode pemberian tugas, metode karyawisata, metode bercerita dan metode ceramah. Metode pengajaran yang dapat mengembangkan bahasa di TK / PAUD adalah metode tanya jawab, metode bercakap-cakap, metode bercerita, metode bermain, metode karyawisata, metode bercerita. Metode yang paling efektif untuk mengembangkan bahasa anak di TK / PAUD sesuai dengan indikator atau aspek bahasa yang dikembangkankan, yaitu metode tanya jawab, metode bercerita, dan metode bercakap-cakap lebih khusus pada indikator menerima dan mengungkapkan bahasa. Sedangkan untuk metode pemberian tugas lebih khusus pada indikator keaksaraan. Metode pengajaran yang baik harus dapat memberikan kesempatan pada anak didik untuk bereksplorasi, mengungkapkan rasa ingin tahunya, dan menuangkan ide-ide kreatifnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode pengajaran apa saja yang diterapkan oleh guru dan dapat mengembangkan bahasaa di TK / PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014, metode pengajaran apa saja yang dominan digunakan dalam mengembangkan bahasa di TK / PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014, dan metode apa saja yang paling efektif mengembangkan bahasa di TK / PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitan survey, wilayah dan lingkup penelitian dilakukan di kecamatan Sekarbela. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di PAUD / TK se-kecamatan Sekarbela yang mengajar di usia 4-5 tahun yang berjumlah 50 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 30,40% dari guru yang berada di lembaga pendidikan se-kecamatan Sekarbela yang berjumlah 17 orang guru. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik random sampling atau diambil secara acak dengan menggunakan undian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi atau pengamatan dan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran yang diterapkan guru di PAUD / TK adalah metode tanya jawab, metode bermain, metode demonstrasi, metode bercakap-cakap, metode pemberian tugas, metode karyawisata, metode bercerita dan metode ceramah. Metode pengajaran yang dapat mengembangkan bahasa di TK / PAUD adalah metode tanya jawab, metode bercakap-cakap, metode bercerita, metode bermain, metode karyawisata, metode bercerita. Metode yang paling efektif untuk mengembangkan bahasa anak di TK / PAUD sesuai dengan indikator atau aspek bahasa yang dikembangkankan, yaitu metode tanya jawab, metode bercerita, dan metode bercakap-cakap lebih khusus pada indikator menerima dan mengungkapkan bahasa. Sedangkan untuk metode pemberian tugas lebih khusus pada indikator keaksaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode, pengajaran bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:26
Last Modified: 20 Jul 2018 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6330

Actions (login required)

View Item View Item