STRATEGIES USED BY STUDENTS IN LEARNING PHONOLOGY: A SURVEY AT THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM UNIVERSITY OF MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Ulfaty Fithri, Zakiyyatu (2018) STRATEGIES USED BY STUDENTS IN LEARNING PHONOLOGY: A SURVEY AT THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM UNIVERSITY OF MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL ZAKIYYA.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi belajar yang digunakan oleh mahasiswa semester enam program studi pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram tahun ajaran 2017/2018 dan tipe strategi belajar yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam program studi pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram tahun ajaran 2017/2018 yang secara keseluruhan berjumlah 119 mahasiswa. Adapun proses pengambilan sampel dilakukan secara acak melalui tehnik Random sampling (sampel acak) dengan metode lotre. Sehingga, 20% mahasiswa dari keseluruhan populasi dipilih sebagai sampel, yakni sejumlah 37 mahasiswa. Kuisioner dan interview digunakan sebagai instrument dalam mengumpulkan data. Kuisioner yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan adap tasi dari kuisioner Strategy Inventory for Language Learning (SILL) version 7.0 yang diciptakan oleh Oxford (1989). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran Fonologi, siswa lebih dominan menggunakan strategi kognitif dengan persentasi penggunaan 25.8%, diikuti oleh strategi meta-kognitif (25.5%), strategi afektif (19.6%), strategi kompensasi (10.8%), strategi memori (10.6%), dan yang terakhir adalah strategi sosial (7.7%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi belajar, strategi pembelajaran Fonologi, Fonologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:35
Last Modified: 20 Jul 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item