PENGARUH MEDIA FLESHCARD (KARTU BERGAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA KELAS X MIA 3 SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018

BUDIARSIH, TRISNA (2018) PENGARUH MEDIA FLESHCARD (KARTU BERGAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA KELAS X MIA 3 SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal pdf..pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis teks secara tak kasat mata merupakan materi yang membosankan bagi siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, dalam penyajian materi jarang digunakan media yang dapat menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada pembelajaran menulis teks. Oleh sebab itu, perlu diciptakan suatu pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dengan cara menerapkan media Fleshcard (kartu bergambar) pada saat pembelajaran menulis teks khususnya pada saat pembelajaran menulis teks naratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media Fleshcard (kartu bergambar) yang digunakan pada pembelajaran menulis Teks Naratif terhadap hasil belajar siswa dalam menulis teks naratif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif model eksperimen pretest post-test control group design dengan satu macam perlakuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pada nilai menulis teks naratif siswa tanpa menggunakan media Fleshcard (kartu bergambar) dan dengan menggunakan media Fleshcard (kartu bergambar). Ketika siswa belajar tanpa menggunakan media Fleshcard siswa mendapatkan perolehan skor sebesar 2005 dengan rata-rata 58,97. Ketika siswa belajar menggunakan media Fleshcard jumlah skor meningkat menjadi 2350 dengan rata-rata 69,11. Setelah dilakukan penghitungan menggunakan rumus uji-t nilai t selanjutnya dikonsultasikan dengan harga ttable pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (d.b) adalah N-1= 34-1=33. Jika derajat kebebasan (d.b) adalah 33 maka nilai ttable adalah 1,697. Berdasarkan hasil penghitungan di atas, didapatkan nilai ttabel sebesar 4,891. Dengan demikian maka thitung lebih besar dari pada ttable atau 4,891 > 1,697. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa tanpa menggunakan media dan dengan menggunakan media Fleshcard atau kartu bergambar dalam pembelajaran menulis teks Naratif siswa kelas X MIA 3 SMAN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Flashcard (kartu bergambar), Menulis, Teks Naratif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:49
Last Modified: 21 Jul 2018 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6338

Actions (login required)

View Item View Item