PEMETAAN KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DI SMPN SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

Hardiyanti Putri, Ririn (2018) PEMETAAN KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DI SMPN SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI FIX.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang bentuk, kesesuaian dan kelengkapan instrument evaluasi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru bahasa Indonesia alumni Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram di SMP Se-kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kualitas bentuk penilaian, kesesuaian instrumen evaluasi pembelajaran yang ditinjau berdasarkan keseuaian KD dan indikator, dan kelengkapan instrumen evaluasi pembelajaran. Hal ini dilatarbelakangi oleh RPP yang disusun oleh guru bahasa Indonesia sebagian besar masih terdapat kekurangan dalam penyusunannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokmentasi dan metode catat. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan format bentuk penilaian, kesesuaian KD dan indikator serta kelengkapan instrumen evaluasi pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Hasil dari penelitian ini menujukkan : 1) Kualitas instrumen evaluasi pembelajaran berdasarkan bentuk penilaian yang digunakan yaitu terdapat tiga penilaian yang digunakan pada SMPN 1 Gerung yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Pada SMPN 4 Gerung terdapat dua penilaian yaitu penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Sedangkan pada SMPN 1 Narmada terdapat satu penilaian saja yaitu penilaian sikap. 2) Kualitas kesesuaian instrument evaluasi pembelajaran berdasarkan kesesuaian KD dan indikator yaitu pada SMPN 1 Gerung dinyatakan “KS” (kurang sesuai) karena hanya sebagian besar memenuhi kriteria. Pada SMPN 4 Gerung dinyatakan “S” (sesuai) karena memenuhi semua kriteria. Pada SMPN 1 Narmada dinyatakan “TL” (tidak lengkap) karena hanya sebagian kecil memenuhi kriteria. 3) Kualitas kelengkapan instumen evaluasi pembelajaran yaitu pada SMPN 1 Gerung dinyatakan “L” (lengkap) karena memenuhi semua kriteria kelengkapan soal. Pada SMPN 4 Gerung dinyatakan “L” (lengkap) karena memenuhi semua kriteria kelengkapan soal. Pada SMPN 1 Narmada dinyatakan “KL” (kurang lengkap) karena tidak memenuhi kriteria kelengkapan soal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kualitas instrumen evaluasi pembelajaran, Guru Bahasa Indonesia Alumni PBSI, SMP Lombok Barat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:49
Last Modified: 21 Jul 2018 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6340

Actions (login required)

View Item View Item