IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015

JAYANTI, FITRI DWI (2014) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal1.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Dari hasil pengamatan di TK se-Kecamatan Praya penggunaan APE di dalam mengembangkan kognitif anak belum dilakukan secara optimal terlihat dari APE yang masih banyak dijadikan pajangan dan terbatasnya APE baik dari jumlah maupun jenisnya.Rumusan masalah yaitu APE apakah yang digunakan, dominan dan efektif oleh guru dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK se-Kecamatan Praya?.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui APE yang digunakan, dominan, dan efektif oleh guru dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK se-Kecamatan Praya. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru TK yang berada di Kecamatan Praya yang berjumlah 147 guru dengan pengambilan sampel menggunakan “stratified proportional random sampling” yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional. Adapun sampel diambil sebanyak 20% atau 30 orang guru. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data hasil observasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa APE yang digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun sebanyak 20 APE atau 66,67%, APE yang dominan digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun sebanyak 10 APE atau 33,33%, dan APE yang efektif digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun sebanyak 9 APE atau 30%. Untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak diperlukan guru yang mampu menggunakan APE dengan efektif dan lembaga melengkapi APE sesuai dengan kebutuhan anak baik dari jumlah maupun jenisnya serta memotivasi guru didalam penggunaanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat permainan edukatif, perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:49
Last Modified: 21 Jul 2018 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6343

Actions (login required)

View Item View Item