IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 -5 TAHUN DI PAUD GUGUS II KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Muzdalifah, Fithrii (2014) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 -5 TAHUN DI PAUD GUGUS II KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi fithrii.docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangn kognitif merupakan segala perubahan aktivitas atau tingkah laku yang berasal dari pikiran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator yang belum berkembang, sudah berkembang, dan dominan berkembang pada perkembangn kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Gugus II Kecamata Mataram Tahun Pelajara 2013/2014. Populasi yang ada di PAUD Gugus II Kecamatan Mataram sebanyak 152 orang anak dengan penarikan sampel sebanyak 25%, dengan jumlah 38 orang anak yang mewakili 6 lembaga di Gugus II Kecamatan Mataram.Tehnik pengambilan sampel secara random sampling atau undian.Penelitian ini adalah penelitian survey terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi,dengan menganalisis data secara deskriptif kualitiatif. Analisis data capaian perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Gugus II Kecamatan Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014, menunjukkan indikator yang belum berkembang terdapat pada indiaktor menggunakan benda sebagai permainan simbolik, mengenal pola AB-AB/ ABC-ABC, membilang banyak benda dan mengenal lambing huruf. Sedangkan indikator yang sudah berkembang terdapat pada indicator mengenal benda berdasarkan fungsi, mengenal gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya, mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri, mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sama yang berpasangan, mengurutkan benda berdasarkan variasi ukuran, mengenal konsep dan lambing bilangan. Indikator yang dominan berkembang terdapat pada indicator mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna,ukuran dan mengenal konsep banyak dan sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:48
Last Modified: 21 Jul 2018 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item