IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015

MUNDIARTI, VANIDA (2014) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
vani jurnal.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Se-Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2014/2015. Perkembangan kognitif dapat membantu anak dalam menyelesaikan masalah sehari- hari. Namun dalam kenyataannya penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh para pendidik atau guru belum seperti yang diharapkan, pembelajaran masih berpusat pada guru bukan pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, indikator perkembangan kognitif manakah yang belum, sudah dan dominan muncul pada perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK se-Kecamatan Praya tahun ajaran 2014/2015?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator perkembangan kognitif yang belum berkembang, indikator perkembangan kognitif yang sudah berkembang, dan indikator perkembangan kognitif yang dominan muncul di TK se-Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1142 anak usia 5-6 tahun yang ada di se-Kecamatan Praya. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik Stratified proportional random sampling dengan penarikan sampel sebanyak 10% dari jumlah populasi, sehingga didapatkan sebanyak 114 orang anak sebagai sampel terpilih. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.Analisis pengolahan data menggunakan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 indikator perkembangan kognitif yang belum berkembang yaitu indikator membandingkan benda atau suatu yang diamati dari proses percobaan sederhana, mampu memiih kegiatan dalam bermain dan indikator mampu menentukan pilihan atau solusi, dan terdapat 14 indikator perkembangan kognitif yang sudah berkembang dari 17 indikator perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, serta terdapat indikator perkembangan kognitif yang dominan berkembang adalah indikator mampu menyebutkan lambang bilangan. Untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak agar lebih optimal, sebaiknya dalam kegiatan pembelajaran guru mempersiapkan kegiatan main yang lebih bervariatif dan lebih terfokus pada kebutuhan perkembangan anak serta lebih memberikan kesempatan pada anak dalam memilih kegiatan, agar anak lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:48
Last Modified: 21 Jul 2018 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item