PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI SISWA KELAS X MIA SMAN 8 MATARAM

NI INTAN PERMATA SARI, NI MADE (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI SISWA KELAS X MIA SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI PDF.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi oksidasi dan reduksi siswa kelas X MIA SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design post-test only. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X MIA SMAN 8 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,48) > ttabel (1,993) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi oksidasi dan reduksi siswa kelas X MIA SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model Discovery Learning, berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan reaksi oksidasi dan reduksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:47
Last Modified: 21 Jul 2018 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item View Item