PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) DAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DI MA AL-AZIZIYAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

WIDYASTUTI, WIDYASTUTI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) DAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DI MA AL-AZIZIYAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_W I D Y A S T U T I.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Kelas X pada penerapan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) den model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MA Al-Aziziyah Putri Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif sebanyak 25 butir soal pilihaan ganda dan 5 butir soal essay, sedangkan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik digunakan lembar penilaian afektif dan psikomotorik. Data hasil tes belajar biologi dianalisis menggunakan uji-t separated varians pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows sehingga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < α = 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan model pembelajaran SQ4R di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran TTW, Model Pembelajaran SQ4R, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 03:14
Last Modified: 21 Jul 2018 03:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item