PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MENGGUNAKAN FOUR STEPS TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT (4S TMD) PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Wahidiyah, Wahidiyah (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MENGGUNAKAN FOUR STEPS TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT (4S TMD) PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel 1.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar IPA terpadu yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2018. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Mataram dan sampel sebayak 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan one group pretest posttest design. Instrumen penelitian menggunakan tes keterpahaman, dan angket kelayakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan, rerata skor tes keterpahaman terhadap bahan ajar diperoleh 88 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase kelayakan bahan ajar untuk kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan adalah 84,72%, 81,67%, 82,50%, dan 81% secara berurutan. Seluruh aspek kelayakan bahan ajar berkategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan bahan ajar, kelayakan bahan ajar, 4S TMD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 03:13
Last Modified: 21 Jul 2018 03:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6390

Actions (login required)

View Item View Item